Rabu, 26 Juli 2023

On Juli 26, 2023 by malaoshi in

 

Pentingnya Anak-Anak Belajar Berenang - Les Renang Magelang

Mengapa Anak-anak Perlu dan Penting Bisa Berenang

Kita sudah amat sering mendengarkan kisah-kisah pilu bagaimana seorang anak tenggelam dan meninggal. Penyebab anak meninggal tidak harus ia berada di tempat yang dalam, bahkan di kolam teratai atau kolam ikan, yang dalamnya hanya satu meter saja sudah cukup merupakan jalan maut bagi anak anak. Hal ini terjadi karena mereka tidak bisa berenang, Kita sudah tahu, baik dari membaca di surat kabar, mendengarkan dari siaran radio, maupun menonton televisi. Tapi anehnya para orang tua bersikap apatis dan berpikir hal itu terjadi karena nasib sial saja. Padahal, apa yang terjadi pada anak orang lain bisa juga terjadi pada anak-anak kita.
Mengapa kita tidak mau mengantisipasinya dengan mengajarkan anak-anak kita berenang? Bagi anak-anak, untuk belajar berenang tidak sulit dan tidak butuh biaya jutaan rupiah untuk memberikan mereka les berenang. Tidak perlu mencari guru berenang yang juara renang olimpiade. Cukup orang dewasa yang menjadi guru mengajarkan anak-anak berenang.

Menurut WHO atau World Health Organization-Badan Kesehatan Sedunia, setiap tahunnya sekitar 400.000 orang mati tenggelam. Jumlah ini hanya berdasarkan laporan yang masuk, sedangkan kematian akibat tenggelam yang terjadi di kampung-kampung tentu tidak semuanya termonitor oleh WHO. Dalam kata lain, kemungkinan jumlah yang mati tenggelam sesungguhnya jauh lebih banyak daripada data yang berhasil dicatat.
Data menunjukkan lebih dari setengah jumlah orang yang tewas berusia 25 tahun ke bawah, dan paling banyak anak berusia di bawah lima tahun.

Pelajaran Berenang, Jauh Lebih Penting daripada Mata Pelajaran Lainnya
Selama ini sebuah paradigma yang keliru namun sudah telanjur membudaya dalam masyarakat kita adalah bahwa berenang itu hanya untuk hiburan dan rekreasi. Padahal, berenang adalah salah satu jalan keselamatan dan hidup bagi anak-anak. Orang dengan sukarela menghabiskan sejumlah uang untuk membawa anak-anak berlibur atau membelikan mainan games yang mahal untuk anak-anaknya, namun lupa membekali anak dengan ketrampilan berenang. Padahal, dengan bisa berenang, setidaknya satu pintu kematian sudah tertutup. Hal ini membuktikan betapa seriusnya kita memperhatikan keselamatan anak-anak kita.
Minat Belajar Berenang Meningkat 100 Persen
Sewaktu  pulang kampung ke Indonesia, kami sempat menengok anak-anak sedang belajar berenang di salah satu kolam renang di Kota Magelang.
Sempat berdialog sesaat dengan Ira, pelatih renang di saat-saat kesibukannya. Menurut Ira, tahun ini minat orang tua untuk mengantarkan anak-anak mereka untuk kursus berenang meningkat drastis hingga 100 persen. Biaya untuk pelatihan adalah sekitar Rp25.000,00 setiap kunjungan. Selama 10 kunjungan, anak-anak sudah dapat mengambangkan tubuhnya dalam air dan sudah dapat berenang sedikit-sedikit.
Setiap anak berbeda kemampuan berenangnya. Namun, rata-rata dalam 20 kali kunjungan, mereka sudah bisa dilepas dan berenang di tempat yang dalam. Jadi, kalau secara kasarnya, biaya maksimal 500 ribu rupiah, anak sudah dapat berenang. "Dan kemampuan berenang ini adalah untuk seumur hidup. Orang tua sangat menyadari bahwa kursus berenang merupakan sesuatu yang mutlak diperlukan untuk anak-anak ketimbang anak diajarkan untuk kursus menari. Manfaatnya mengalahkan semua kegiatan olahraga lainnya.
Walaupun jelas bukan maksudnya bahwa olahraga lain dan seni tari tidak perlu. Dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengikuti kursus berenang, minimal anak anak sudah dihindarkan dari satu celah kematian, yaitu: tenggelam.
Masih menurut Ira, inisiatif ini dari para orang tua yang berada dalam suatu komunitas. Sedangkan dari pemerintah ataupun Badan Perlindungan Anak di Indonesia, belum terlihat ada tanda-tanda untuk menganjurkan dan menjelaskan kepada para orang tua betapa pentingnya pelajaran berenang bagi setiap anak. 
"Karena menyangkut keselamatan hidup mereka, berenang seharusnya setara dengan pentingnya ilmu pengetahuan. Bahkan, kalau kita simak kematian sia-sia dari ratusan anak setiap tahunnya, seharusnya kursus berenang dijadikan kurikulum wajib di setiap sekolah." kata Ira, menutup pembicaraan singkat kami.
Catatan: di Australia, berenang adalah wajib bagi setiap murid sekolah: "Swim for Life'"berenang untuk hidup. Semoga jadi masukan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di negeri kita. Kalau ada hal baik, walaupun berasal dari negara lain, tidak ada masalahnya, bila kita mengaplikasikannya juga di Tanah Air kita, sesuai dengan kondisi dan situasi.
Iluka.3 Desember,2016
Tjiptadinata Effendi



Bagi bapak ibu yang ingin menurunkan berat badan dengan belajar berenang tetapi belum bisa berenang ayo gabung di  Les Renang Magelang - 085729980199.

 Les Renang Magelang - 085729980199
Tentukan tempat dan harinya sesuka anda 

 Les Renang Magelang - 085729980199
Siap membantu anda agar segera bisa berenang



E15 Layanan jasa Magelang
Perumahan Panorama Asri E15 Magelang 

Install Komputer Delivery Magelang 
Rental Komputer Delivery Magelang 
Pengetikan Delivery Magelang
Printing Delivery Magelang
Digital Printing Delivery Magelang
Web Design Delivery Magelang
Les Renang Magelang Delivery Magelang
Les Komputer Magelang Delivery Magelang 
Pulsa Elektronik Delivery Magelang
Token Listrik Delivery Magelang
Aqua Galon Delivery 


085729980199